Dua Siswi SMP Nasima Juara Karya Tulis Ilmiah

Berkat gamelan dan pelestarian kebudayaan yang dituangkan dalam karya ilmiah, dua siswi SMP Nasima Semarang berhasil meraih juara II dan III Lomba Karya Tulis Humaniora Nusantara, baru-baru ini. Ajang yang diselenggarakan Lembaga Pengembangan Insani Dompet Dhuafa Bogor itu diikuti pelajar SMP dan SMA sederajat se-Indonesia.

 


Dua siswi SMP Nasima itu adalah Kiara Asia kelas VIIC sebagai juara II dengan karya berjudul "Pengenalan Seni Gamelan kepada Generasi Muda dengan Memanfaatkan Media Teknologi Informasi", sedangkan Shaffira Salvania R kelas VIIC meraih juara III atas karyanya bertajuk "Katalog Budaya Pengenalan dan Pelestarian Kebudayaan di Semarang".

Mereka mempresentasikan karyanya bersama tiga finalis lain yang lolos. Melalui proses seleksi ketat, dua dari tiga wakil SMP Nasima berhasil menjadi juara II dan III.  Alasan Kiara mengangkat gamelan pada karyanya, karena alat tersebut adalah warisan budaya Jawa yang wajib dijaga dan dilestarikan. Caranya dengan mengenalkan kepada generasi muda. Akan tetapi, institusi pendidikan biasanya memiliki keterbatasan dalam memperkenalkan gamelan, karena tingginya biaya yang dikeluarkan dalam pengadaan alat itu.

"Karena itu, salah satu solusinya adalah pemanfaatan teknologi informasi, seperti komputer atau laptop yang lebih akrab dengan mereka. Bahkan, dengan adanya software khusus, yakni gamelan virtual, akan mempermudah siswa mempelajarinya," jelasnya.

Pemenang lainnya, Shafira mengangkat pemanfaatan katalog budaya. Siswa kelas VIIC  itu menjelaskan, seni dan budaya Kota Semarang wajib dikenalkan dan dilestarikan kepada siapa saja, khususnya generasi muda.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMP Nasima Abdul Rochim mengatakan, hasil yang dicapai anak-anak asuhnya merupakan buah kerja keras yang selama ini dilakukan. "Mereka adalah anak-anak yang tergabung dalam ekstrakurikuler Karya Ilmiah Remaja," katanya.

 

Berita Terbaru

Statistik Pengunjung

3440086
Hari ini
Kemarin
Minggu ini
Minggu lalu
Bulan ini
Bulan lalu
Total pengunjung
351
998
3348
3428481
18553
32331
3440086
Your IP: 54.225.20.73
Server Time: 2017-10-18 14:28:55

Link Sekolah

Dinas Pendidikan Kota Semarang