Pendidikan Karakter Melalui Ragam Even Unik di SMP Nasima

RADAR SEMARANG (15/3)-SMP Nasima adalah salah satu jenjang pendidikan yang dikelola YPI Nasima. Selain SMP, YPI Nasima juga mengelola Day Care, Toddler, KB, TK, SD, dan SMA Nasima. SMP Nasima beralamat di Jalan Trilomba Juang 1, sebuah lokasi strategis di pusat Kota Semarang. Pendidikannya sangat berkualitas, sehingga mendapat Akreditasi A (Sangat Baik) dari Kemdikbud serta Sertifikat ISO 9001:2008 dari Global Group-UKAS Quality Management.

Sebagaimana halnya dengan jenjang pendidikan lain di YPI Nasima, SMP Nasima sejak awal berdiri telah mengintegrasikan pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAKEM) dengan pendidikan karakter. Tidak hanya terintegrasi dalam pembelajaran, pendidikan karakter juga telah mendarah daging dalam budaya sekolah serta even-even khusus SMP Nasima.

SMP Nasima menerapkan sistem lima hari belajar dalam format  Full Day School, yaitu belajar mulai pukul 06.55 sampai pukul 15.30 WIB. Ikrar, penghormatan bendera Merah Putih, menyanyi lagu Indonesia Raya, mujahadah, taddarus, dan kegiatan motivasi dilaksanakan setiap pagi. Setelah itu dilaksanakan pembelajaran terintegrasi pendidikan karakter. Makan bekal, salat duha, dan membaca menjadi jeda istirahat. Pada siang hari ada kegiatan makan siang bersama dan salat zuhur berjamaah. Pada sore hari pembelajaran diakhiri dengan sipulan manfaat belajar pada hari tersebut, kerja bakti kebersihan, berdoa, menyanyi lagu perjuangan, dan salat asar berjamaah. Selain pembelajaran di sekolah, peserta didik juga diajak langsung belajar  secara kontekstual di pasar, bank, museum, perkebunan, BMKG, dan sebagainya. Karakter NASIMA YES (nasionalis, agamis, sopan santun, integritas kuat, makmur berbagi, aktif, yakin terbaik, empatik, dan siap bertanggung jawab) berusaha ditanamkan kepada setiap warga sekolah, terutama pada peserta didik.

Even Unik Bermakna

Even-even khusus SMP Nasima juga diselenggarakan pada momen-momen tertentu untuk memerkuat penanaman nilai karakter. Even-even khusus itu secara terprogram dikaitkan dengan peringatan hari-hari besar tertentu. Beberapa yang menarik antara lain even Hari Merah Putih, Hari Budaya Jawa,  peringatan hari besar Islam tepat pada hari “H”, peringatan hari besar nasional, live in, dan pekan kreasi pada  setiap akhir semester.

Hari Merah Putih dilaksanakan pada tanggal 7 setiap bulannya, diambil dari tanggal 7 Januari yang merupakan hari ulang tahun YPI Nasima.  Semua warga sekolah mengenakan pakaian bebas bernuansa warna merah putih pada hari itu. Tujuannya adalah memberikan kebebasan kepada setiap insan Nasima untuk mengekspresikan kebanggaan dan kecintaan mereka kepada lembaga Nasima, pada khususnya dan Indonesia, pada umumnya. Selain tercermin dalam pakaian, aneka kegiatan unik juga diselenggarakan seperti doa, menulis puisi atau essay, dan sebagainya. Warna merah putih merupakan warna khas Sekolah Nasima sekaligus warna bendera Indonesia. Selain bermakna berani dan suci, merah putih juga simbol padunya nasionalisme dan agama (Nasima= nasionalisme agama-red).

Pada setiap tanggal 17 warga sekolah mengenakan pakaian adat jawa. Peserta didik, guru, dan karyawan laki-laki mengenakan baju surjan lurik, blangkon, dan celana hitam serta bersepatu. Sementara yang perempuan mengenakan kebaya dan rok batik. Khusus pada tanggal 17 Agustus, saat peringatan HUT Kemerdekaan RI semua warga sekolah mengenakan pakaian adat Nusantara. Semua warga Sekolah Nasima pasti memiliki pakaian adat Jawa maupun Nusantara. Karakter yang berusaha ditanamkan pada even ini adalah menanamkan kebanggaan dan kecintaan pada budaya serta tradisi luhur bangsa sendiri. Bukan sekedar retorika atau macan kertas, insan Nasima konsisten melaksanakannya. Minimalnya adalah memiliki dan senang berbusana adat. Tujuan yang lebih dalam lagi adalah tertanamnya karakter mulia yang adadalam budaya bangsa asli Jawa atau Indonesia di tengah kepungan budaya global.

Selain pakaian-pakaian seragam dan pakaian husus tersebut, warga Nasima juga biasa mengenakan pakaian ala pejuang ’45 dan pakaian profesi yang menjadi cita-cita peserta didik. Pakaian bernuansa pejuang dikenakan pada saat peringatan Hari Pahlawan. Selain upacara bersama para veteran pejuang, warga sekolah juga melaksanakan long march napak tilas perjalanan pejuang, renungan, kunjungan museum, serta ziarah dan doa di taman pahlawan.

Pakaian profesi  dikenakan peserta didik pada Hari Sumpah Pemuda. Bila para pemuda tahun 1928 berikrar untuk mewujudkan satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa Indonesia, maka generasi sekarang di Nasima diajak untuk berikrar menjadi generasi yang cerdas, terampil, dan beraklak mulia serta bertekad baja untuk meraih profesi cita-cita sebagai media mengabdi pada nusa bangsa. Even-even peringatan hari besar nasional dan hari besar Islam pun tak luput dari kegiatan yang kreatif dan bermakna, seperti penanaman mangrove, pembuatan wayang kertas  untuk rekor MURI, donor darah massal, berbagi dengan anak yatim, dan silaturahim lintas suku.

Even lain yang tak kalah menariknya adalah live in. Selama sekitar sepekan peserta didik menginap di rumah-rumah penduduk di beberapa daerah secara terprogram untuk mengenal diamika sosial budaya sekaligus berbagi dengan masyarakat setempat. Kemudian pada setiap akhir semester peserta didik menyelenggarakan kegiatan  kreasi seni, workshop keterampilan, dan pekan wirausaha.

Lebih Lengkap Fasilitasnya

Sekilas gambaran tentang pembelajaran terintegrasi pendidikan karakter, budaya sekolah, dan ragam even bermakna tersebut telah menjadikan SMP Nasima sebagai sekolah yang sangat difavoritkan  masyarakat. Tak hanya itu, banyak sekolah lain yang melakukan studi banding untuk menyerap kreativitas dan keunggulan SMP Nasima.

Guna mendukung pendidikan berkualitas tersebut, SMP Nasima menyediakan ruang-ruang dan fasilitas belajar yang semakin lengkap. Seiring  hijrahnya SMA Nasima dari Jalan Trilomba Juang 1 ke Jalan Yos Sudarso-Arteri Utara, maka lokasi dan fasilitas untuk SMP Nasima pun semakin leluasa dan lengkap. Ruang-ruang kelas, perpustakaan, laboratorium TI, laboratorium IPA, laboratorium IPS, laboratorium bahasa, bengkel seni, studio musik, masjid, dan sebagainya yang nyaman, lengkap, serta canggih tersedia untuk menyempurnakan penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas di SMP Nasima. (Pram)

 

Berita Terbaru

Statistik Pengunjung

3415935
Hari ini
Kemarin
Minggu ini
Minggu lalu
Bulan ini
Bulan lalu
Total pengunjung
666
1818
2484
3407106
26733
31296
3415935
Your IP: 54.224.230.51
Server Time: 2017-09-25 13:27:34

Link Sekolah

Dinas Pendidikan Kota Semarang