Anak Lebih Senang Mengaji dengan Metode Ummi

RADAR SEMARANG-Salah satu kompetensi kenasimaan yang dikembangkan di KB-TK Nasima yakni kompetensi keagamaan . Kompetensi ini ditanamkan melalui rutinitas sehari-hari yang dilaksanakan di sekolah, seperti praktik ibadah; shalat, zikir, berdoa, wudlu, dan mengaji. Khusus untuk  kegiatan mengaji, sejak 2015 KB-TK Nasima telah menjalin kerja sama dengan Ummi Foundation, Surabaya.

 

Kepala KB-TK Nasima Elly Fajarwati mengatakan, Metode Ummi terbukti mampu meningkatkan kemampuan pengelolaan pembelajaran Al Qur’an bagi guru dan anak-anak.  Metode Ummi juga  efektif, mudah, menyenangkan, dan menyentuh hati. Melalui Metode Ummi setiap guru   mampu memahami metodologi pengajaran Al Qur’an serta tahapan tahapannya dan pengelolaan kelas dengan baik. Pendekatan guru dan sistem pembelajarannya dengan cara pengulangan bahasa ibu. Penuh kasih sayang.  

Tiga kekuatan pokok dari metode ini  menurut Elly adalah dukungan perangkat yang berkualitas, kompetensi guru yang baik, dan sistem yang berbasis pada mutu. Semua itu didukung oleh target dan disiplin dalam mencapai target. 

Kelebihan lain dari metode ini, menurut Elly melibatkan semua guru yang ada.  Sebelum melakukan pembelajaran dengan metode ini, guru mendapatkan pembekalan khusus dan sertifikasi dari Ummi Foundation. Secara berkala kompetensi  guru-guru juga diupgrade  oleh  Ummi Foundation.  

Khusnul Khotimatun orang tua walimurid TK A Nasima mengatakan sejak masuk TK Nasima dan mengaji dengan Metode Ummi anaknya banyak mengalami perkembangan yang signifikan.

“Model pembelajarnnya menarik,  tidak monoton,  membuat anak-anak menjadi senang dan nyaman  mengajinya. Sistem dan manjeman   sangat baik dan mudah dipahami. Kami orang tua murid juga dilibatkan. Kami diundang ke sekolah dan diberi pembekalan bagaimana cara membaca buku dan metodenya. Sehingga di rumah pun kami setiap hari bisa mengontrol perkembangannya” ujarnya.

Mengajarkan anak mengaji sejak usia dini  merupakan kewajiban setiap orang tua.     Mengaji adalah awal  seorang anak mencintai dan mengenal Al Quran.  Perlu komitmen yang kuat, metode yang tepat, perangkat yang lengkap, dan keihklasan mengajarkannya.  Insya Allah  semua itu  ada di KB-TK Nasima. (din).

Berita Terbaru

Statistik Pengunjung

3479927
Hari ini
Kemarin
Minggu ini
Minggu lalu
Bulan ini
Bulan lalu
Total pengunjung
249
1050
2226
3469343
25608
32786
3479927
Your IP: 54.162.166.214
Server Time: 2017-11-21 11:43:19

Link Sekolah

Dinas Pendidikan Kota Semarang