Gus Sholah: Al Hikmah Rumah Bagi Siapa Saja yang Mau Menuntul Ilmu

Matahari tepat berada di ubun-ubun saat saya bersama rombongan Yayasan Pendidikan Islam Nasima tiba di  Pondok Pesantren Al Khidmah 2 Sirampog Brebes. Saya mendampingi Ketua YPI Nasima H. Agus Sofwan Hadi, para manajer, kepala sekolah, dan beberapa perwakilan guru.  Sepanjang jalan pondok menuju ndalem Kyai, kami disambut oleh senyum santun para santri yang sengaja berhenti menundukkan kepala  mempersilakan kami lewat terlebih dahulu.  

Bukan sekali ini saja kami berkunjung, sudah tidak terhitung kali keberapa. Minimal setahun sekali sebelum Ramadan pengurus yayasan, manajer, kepala sekolah, dan perwakilan guru Nasima  pasti kula nuwun  ke Ponpes yang kini memiliki lebih dari tujuh ribu santri ini.

Sejak 2010 YPI Nasima telah menjalin kerja sama dengan Ponpes Al Hikmah 2. Bentuk kerja sama tersebut berupa pengiriman   siswa kelas VIII SMP dan kelas XI SMA Nasima untuk mondok di pesantren ini. Tidak hanya dua tiga hari, selama sepuluh hari anak-anak kota dari SMP-SMA Nasima harus nyantri,  berbaur  belajar bersama santri-santri Ponpes Al Hikmah. Semuanya dalam rangka mempersiapkan generasi bangsa agar memiliki sikap nasionalis juga agamais, insan Indonesia yang berilmu dan berakhlak al karimah.

Memasuki ndalem Kyai, kami disambut hangat oleh Gus Sholah yang kini menjadi pengasuh pondok. Semenjak Romo Kyai Haji Masruri Abdul Mughni wafat di Madinah 2011 silam, KH. Sholahudin Masruri Abdul Mughni  atau Gus Sholah yang kemudian dipercaya menggantikan ayahnya mengasuh pondok.

“Bukan hal mudah melaksanakan wasiat abah menjaga dan meneruskan mengelola pondok ini. Insya Allah kehadiran Nasima   salah satu yang mendorong dan menguatkan kami untuk tetap istiqomah menjaga serta meneruskan perjuangan abah. Kami merasa Nasima adalah bagian dari Al Hikmah, dan kami berharap Al Hikmah juga merupakan bagian dari Nasima.  Pesan abah yang selalu kami ingat adalah. Baiti baitukum. Rumahku, rumahmu juga. Ini falsafah yang sangat luhur. Kami ingin agar Al Hikmah menjadi rumah siapa saja terutama bagi mereka yang  yang ingin menuntut ilmu” tutur Gus Sholah.

Seperti kebiasaan Al Mahfurlah KH Masruri kepada kami, Gus Sholah lantas mengajak   mengelilingi area pondok. Beliau memperlihatkan kepada kami bangunan-bangunan baru yang telah berdiri megah. Di antaranya gedung SMK Wicaksana Al Hikmah dan gedung baru  asrama santri yang masih dalam proses pembangunan.

“Doa kami terkabul. Mbangune ora rampung-rampung. Wong begitu selesai dibangun langsung ditempati santri, itupun belum cukup menampung.  Saya juga tidak tahu dari mana uangnya. Pesan Abah yang penting niat, mantep. Nanti kan Gusti Allah memberi kemudahan” ungkap Gus Sholah.

Hampir satu tahun kami tidak berkunjung. Sungguh banyak yang berubah dan membuat kami kagum. Pembangunan fisik seolah takhenti dilakukan. Terus dan terus bertambah. Bahkan menurut Gus Sholah, pihaknya telah membeli tanah lagi seluas 2 hektar untuk perluasan pondok.

Selepas berkeliling pondok kami diajak mampir ke sebuah rumah di area pondok. Letaknya agak tinggi. Dari teras rumah ini kami bisa melihat ke seluruh penjuru pondok yang sangat luas itu.

“Ini salah satu rumah adik, Samping ini juga, di dekat SMK tadi juga iya. Abah dulu berpesan, agar semua putra-putrinya tinggal di sekitar pondok. Tidak boleh menetap di tempat lain. Ternyata pesan abah mengandung makna tarbiyah yang dalam. Abah ingin agar  kami mengelola pondok ini bersama-sama. Mohon doa restunya mudah-mudahan saya bersama adik-adik mampu menjalankan wasiat abah  dalam melayani umat” tutur Gus Solah.

Matahari semakin condong ke barat dan udara semakin dingin. Setelah  menghabiskan secangkir teh nina dan  beberapa potong  tahu sumedang hangat kami berpamitan. Sungguh nikmat hari ini. Bukan saja karena suguhan teh rasa mint dan penganannya, tetapi   karena kehangatan Gus Sholah menerima dan melayani kami bersama. Sama seperti almaghfurlah KH. Masruri Mughni yang selalu memuliakan tamu-tamunya. (Musluhudin el Hasanudin).

Berita Terbaru

Statistik Pengunjung

3415929
Hari ini
Kemarin
Minggu ini
Minggu lalu
Bulan ini
Bulan lalu
Total pengunjung
660
1818
2478
3407106
26727
31296
3415929
Your IP: 54.224.230.51
Server Time: 2017-09-25 13:26:19

Link Sekolah

Dinas Pendidikan Kota Semarang