Lulusan SMP Nasima Dibekali “Inner Power”

Sabtu, 4 Juni 2016 SMP Nasima menyelenggarakan Khatmil Quran bagi 116 peserta didik kelas IX. Kegiatan dilaksanakan di halaman Sekolah Merah Putih II Nasima jalan Trilomba Juang  No 1 Semarang.Ratusan orang tua peserta didik hadir dalam helat acara tersebut .Jajaran pengurus dan manajer Yayasan Pendidikan Islam Nasima tak ketinggalan hadir menyaksikan momen sakral yang menjadi salah satu proses pelepasan kelas akhir SMP Nasima. Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang, Drs. Bunyamin, M.Pd  pun hadir untuk memberikan apresiasi. 

 “SMP Nasima patut dicontoh oleh sekolah  lain karena membekali lulusannya dengan inner power atau kekuatan dari dalam diri secara lengkap. Pembelajaran berkualitas dan semangat belajar difasilitasi para guru untuk mengasah kompetensi akademis peserta didik. Ujiannya dilakukan berbasis komputer atau UNBK sebagai perwujudan integritas  yang tinggi.Tak hanya pembelajaran, akhlak mulia peserta didik pun dikuatkan dengan budaya sekolah yang nasionalis agamis. Saya menyaksikan sendiri pendidikan berkualitas yang telah dilakukan Sekolah-sekolah Nasima. Selamat dan sukses bagi SMP Nasima atas khatamnya anak-anak dalam belajar Alquran,” kata Drs. Bunyamin, M.Pd.

Proses pembelajaranAlquran di SMP

Nasima menggunakan metode Ummi bekerja sama dengan Ummi Foundation. Metode ini diterapkan juga di TK, SD, serta SMA Nasima secara berkait dan berkelanjutan. Pembelajaran Alquran dibawakan secara menarik dan terukur dengan sistem manajemen yang berkualitas. Setelah belajar Alquran sesuai tahap-tahap yang ada peserta didik dijamin khatam Alquran sampai akhirnya bisa mengajar Alquran.“Suatu munaqasah atau ujian dan imtihan atau uji publik dilakukan bagi peserta didik yang telah khatam Alquran serta hafal Juz 29 dan 30. Secara terstruktur, pada tingkatan tertinggi peserta didik Nasima akan mendapat sertifikat Ummi sehingga mampu mengajarkan Alquran di lingkungannya,” jelasUstaz Khusnul Aqib, M.PdI, AH, guru mengaji SMP Nasima dalam pengantar kegiatan Khatmil  Quran.

Prosesi acara diawali dengan kirab peserta khataman dilanjutkan membaca surat-surat Alquran Juz 30 dan doa. Setelah itu dilakukan uji publik atau imtihan. Hadirin dipersilakan menguji peserta didik secara acak berdasarkan nomor peserta yang diambil dari wadah. Semua peserta khataman tampak antusias menunggu namanya disebut untuk menjawab ujian dari hadirin, meski ada sediki tketegangan di sudut senyum mereka. Akhirnya, sekitar 7 anak berkesempatan diuji publik kemampuan membaca secara tartil serta pengetahuan tajwid dan gharib. Semuanya mampu menjawab secara meyakinkan. Tepuk tangan orang tua dan hadirin berulang kali memecah ketegangan seusai peserta mampu menjawab ujian.

Alhamdulillah, anak-anakkelas IX telah mampu menunjukkan kualitas yang mumpuni. Ini adalah momen membanggakan menjelan gpengumuman hasi lUjian Nasional dan kelulusan seminggu lagi. Semoga hasilnya  pun tak kalah membanggakan. Belajar, mengajar, dan mengamalkan Alquran adalah cerminan akhlak mulia serta utama. Menjelang kelulusan, juga menjelang Ramadan ini, semoga anak-anak  Nasima, beserta orang tua dan kita semua mampu menjadi generasi qurani,” pesan KH Hanief Ismail, LC, Pembina YPI Nasima.

Acara dari pagi sampai siang tersebut berlangsung sangat semarak. CiriS ekolah Nasima yang nasionalis agamis tampak juga dalam pentas rebana.Salawat nabi dan beberapa lagu Islami dibawakan apik oleh grup rebana Al Jihad darikorp Raider 400 TNI AD. Seragam loreng khas militer tampak serasi berpadu dengan warna merah putih Nasima dan warna-warni hadirin khataman.  Bhinneka Tunggal Ika, berbeda-beda tetapi tetap bersatu. Pram

Berita Terbaru

Statistik Pengunjung

3479987
Hari ini
Kemarin
Minggu ini
Minggu lalu
Bulan ini
Bulan lalu
Total pengunjung
309
1050
2286
3469343
25668
32786
3479987
Your IP: 54.162.166.214
Server Time: 2017-11-21 12:02:55

Link Sekolah

Dinas Pendidikan Kota Semarang