Alhamdulillah, Sekolah Merah Putih Nasima Gandanegara Diresmikan

Sabtu (16/7) Yayasan Pendidikan Isalam Nasima meresmikan  Sekolah Merah Putih Nasima Gandanegara (SMA Nasima). Bangunan berlantai empat  seluas enam ribu meter pesegi itu   berada Jl. Yos Sudarso Blok F No 9, Kompleks Puri Anjasmoro Semarang.

 Acara pesermian yang dibarengkan dengan kegiatan halal bihalal tersebut dihadiri oleh Sekretaris Jenderal International Conference of Islamic Sholars yang juga Anggota Dewan Pertimbangan Presiden RI  KH. Hazim Muzadi, Walikota Semarang Hendrar Prihadi, Wakil Walikota Hervearita Gunaryati, dan Sekda Adi Trihananto. Sejumlah sesepuh dan ulama Jateng  juga hadir antara lain  Ketua MUI Jateng H. Ahmad Daroji, H. Ali Mufis, H. Ahmad,  dan KH. Dzikron Abdullah. Hadir juga tamu undangan  dari kalangan pengusaha dan professional Kota Semarang.   

Ketua Pembina Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Nasima KH. Hanief Ismail mengatakan bahwa Sekolah Merah Putih Nasima Gandanegara   merupakan  kampus keempat yang dibangun oleh YPI  Nasima. Sebelumnya SMA Nasima   berada satu kampus  dengan SMP Nasima di Jl. Trilomba Juang No1 Semarang.

“Dalam forum ini saya ingin mengingatkan kepada civitas akademika Sekolah Nasima dan seluruh pihak yang hadir dalam forum ini  bahwa hijrah SMA Nasima dari kampus lama menuju Kampus Nasima Gandanegara ini  bukan hanya hijrah fisiknya, tetapi yang terlebih penting adalah niat dan semangatnya.  Secara politik kita telah 18 (delapan belas) tahun menjalani era reformasi, tetapi  di bidang pendidikan kualitasnya masih  memprihatinkan. Tidak ada jalan lain kecuali  kita  harus hijrah dalam berpikir dan bertindak dalam segala hal- termasuk dalam bidang pendidikan.  Untuk itu dalam kesempatan ini saya  meminta kepada seluruh jajaran civitas academica SMA Nasima tanpa kecuali   untuk berhijrah  tidak hanya kampusnya, namun lebih dari itu kita harus hijrah  pola pikirnya, mentalnya, dan tindakannya  demi mewujudkan  lokomotif-lokomotif baru menuju Indonesia Raya.

Walikota Semarang Hendrar Prihadi dalam sambutannya mengatakan bahwa kualitas Sekolah Nasima di semua jenjang tidak diragukan lagi. “Tugas kita adalah menciptakan generasi yang tidak hanya pintar secara akal saja, namun juga tahu sejarah bangsanya, cinta tanah air,  tangguh dan mampu  bertahan dari pengaruh-pengaruh negatif dari luar.  Saya yakin anak didik di Sekolah Nasima tidak hanya  dibekali dengan pendidikan akhlak  yang kuat  namun juga  penanaman sikap dan jiwa nasionalime. Insya Allah Nasima akan terus berkembang dan mampu menciptakan pemimpin-pemimpin bangsa dan pengusaha-pengusaha yang sukses.” tegas Hendi.

Sementara itu  KH. Hazim Muzadi dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa nasionalisme harus terus diwariskan kepada generasi muda. Jika tidak maka negeri ini akan rusak karena generasi mudanya tidak akan mampu bertahan dari penetrasi kapitalisme dan sekularisme.

“Satu-satunya jalan adalah membangun nasionalisme melalui jalur pendidikan. Seharusnya setiap kapupaten di Indonesia memiliki sekolah nasionalis dan agamis. Karena dengan pendidikan seperti ini, generasi muda Indonesia akan menjadi agamis dan memiliki jiwa nasionalis, sehingga mempunyai ketahanan serangan dari luar.” ungkap KH. Hazim Muzadi.

Lebih lanjut Pengasuh Ponpes Al Hikam Malang itu mengatakan Nasima adalah wujud dari pendidikan yang berwawasan nasional yang berintikan ajaran akhlak dan agama. Karenanya Indonesia perlu seribu Nasima untuk menjamin generasi kedepan yang nasionalis, religious, dan menjamin tegaknya eksistensi Indonesia yang baldatun toyibatun warobun ghofur.

Dalam kesempatan itu  dilakukan juga penulisan pesan prasasti untuk Civitas Akademika Sekolah Nasima oleh 17 tokoh. Tidak hanya para ulama, pengusaha yang hadir, tokoh lintas agama juga naik ke panggung   untuk menuliskan pesan-pesannya. Peresmian gedung Sekolah Merah Putih Gandanegara ditandai pengguntingan pita oleh salah satu pendiri YPI Nasima Ibu Hj. Djumini Setyoadi dan dilanjutkan penandatanganan prasasti oleh  Ibu Magdalena Lesmana (Guru Besar Universitas  Prof. Dr. Moestopo) dan Tri Bekti Nasima (Pendiri YPI Nasima)    

 

Selain peresmian Sekolah Merah Putih Nasima, Gandanegara juga dilakukan peresmian Masjid Baitul Masykur yang merupakan salah satu fasilitas  di dalam Komplek Sekolah Merahputih Nasima Gandanegara. Peresmian Masjid Baitul Masykur ditandai dengan pengguntingan pita oleh Ibu Hj. Siti Subami Masykur- Ibunda dari H. Yusuf Nafi pendiri YPI Nasima. Selanjutnya KH. Hazim Muzadi didampingi Ketua Umum YPI Nasima H. Agus Sofwan Hadi dan para undangan melakukan penabuhan bedug dan penandatangan prasasti sebagai pertanda diresmikannya Masjid Baitul Masykur. (Muslihudin el Hasanudin)

Berita Terbaru

Statistik Pengunjung

3479971
Hari ini
Kemarin
Minggu ini
Minggu lalu
Bulan ini
Bulan lalu
Total pengunjung
293
1050
2270
3469343
25652
32786
3479971
Your IP: 54.162.166.214
Server Time: 2017-11-21 11:58:42

Link Sekolah

Dinas Pendidikan Kota Semarang