Nasima Tanamkan Nasionalisme Melalui Gelar Budaya Nusantara

Penanaman nilai-nilai dan semangat nasionalisme kepada generasi muda dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya seperti  yang dilakukan oleh Sekolah Nasima. Setiap Peringatan HUT RI tanggal 17 Agustus   Yayasan Pendidikan Islam Nasima  menggelar kegiatan unik yakni parade budaya nusantara.   

Kegiatan diawali dengan upacara pengibaran bendera yang dipusatkan di Kampus SMA Nasima di Jl. Yos Soedarso Puri Anjasmoro Semarang. Menariknya,  semua peserta upacara yang  merupakan pengurus yayasan, guru, karyawan, dan siswa SD-SMP-SMA-SMA itu mengenakan pakaian adat nusantara. Ada semua,  lengkap dari Sabang sampai Merauke.  

 Gelar Budaya Nusantara

 Gelar budaya diawali dengan pementasan Tari Piring. Tarian yang merupakan tari tradisional   daerah Minangkabau Sumatera Barat ini dibawakan dengan apik oleh anak-anak TK Nasima. Anak-anak SD Nasima  juga unjuk kebolehan dengan  tari Gambang Semarang.

Tidak hanya tari Gambang Semarang, peserta upacara juga disuguhi penampilan anak-anak SMP Nasima  membawakan Tari Ngarojeng yang merupakan tarian khas Betawi. Yang lebih menarik lagi yakni penampialan anak-anak SMA Nasima yang menampilkan Tari Saman. Kesenian daerah Aceh ini dibawakan apik dan kompak oleh 45 anak SMA Nasima.

Selepas tarian Saman, kemudian muncul puluhan anak-anak berbusana warna warni dan mengenakan topeng. Disusul kemudian rombongan tari jaranan dan reog. Grup reog dari Siswo Krido Singo Drono Sentono Sekti Kab. Semarang itu unjuk kebolehan di hadapan peserta upacara. Atraktif dan memikat. Bahkan beberapa siswa diberi kesempatan untuk  naik reog. Kehebohan muncul, bukannya takut puluhan anak-anak berebut untuk menaiki reog.

Tak kalah menariknya adalah saat ditampilkan Tari Gembira dari Papua. Tarian selamat datang yang diperagakan oleh mahasiswa Papua ini menyedot perhatian penonton. Selama hampir lima belas menit mahasiswa asal Papua yang   kebanyakan sedang studi di Universitas Tujuh Belas Agustus ini sangat atraktif, enerjik, dan penuh semangat.

Puncak gelar budaya  nusantara Sekolah Nasima ditandai dengan atraksi   kesenian liong dan barongsai. Kesenian tradisional negeri tirai bambu ini mampu menarik perhatian ribuan peserta upacara yang duduk di bawah tenda upacara. Adalah grup barongsai Sasana Barongsai Budi Dharma Semarang yang diundang secara khusus untuk menyemarakkan acara tersebut.

Baca Puisi Perjuangan

Semangat nasionalisme peserta upacara  dikorbarkan oleh para veteran pejuang kemerdekaan yang diundang dalam kegiatan tersebut. Dengan penuh penghayatan para veteran yang kebanyakan berusia lanjut tersebut membaca puisi perjuangan karya Chairil Anwar dan  Taufik Ismail.

Yang menarik pembacaan puisi perjuangan ini juga dilakukan oleh empat warga asing.  Mereka adalah Anna dan Devenny  keduanya warga Belanda. Sedangkan  Rita dan Caroline  adalah warga Portugal. Mengenakan pakaian adat Timor dan  Kalimantan, keempat bule yang menjadi native speaker di Sekolah Nasima ini dengan semangat membacakan puisi-puisi perjuangan.

Manajer Pendidikan Kampus II &IV Sekolah Nasima Dwi Sukaningtyas mengatakan kegiatan ini memang dimaksudkan untuk menanamkan nilai nasionalisme pada peserta didik.

“Peringatan HUT Kemerdekaan RI  adalah salah satu momen tepat untuk menanamkan semangat nasionalisme pada anak-anak. Kegiatan ini kami kemas  semenarik mungkin, agar pesan edukasinya bisa diterima anak-anak. Melalui kegiatan gelar budaya nusantara kami ingin menggugah semangat anak-anak untuk mencintai  keberagaman budaya nusantara yang merupakan kekayaan budaya Indonesia. Mereka harus memahami bahwa Indonesia itu sangat beragam, multicultural.  Ini adalah modal kita membangun bangsa” kata Dwisukaningtyas.

Rangkaian kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan Ke 71 di Sekolah Nasima ditutup dengan menyanyi bersama lagu Gebyar-Gebyar. (Muslihudin el Hasanudin)  

 

Berita Terbaru

Statistik Pengunjung

3440089
Hari ini
Kemarin
Minggu ini
Minggu lalu
Bulan ini
Bulan lalu
Total pengunjung
354
998
3351
3428481
18556
32331
3440089
Your IP: 54.225.20.73
Server Time: 2017-10-18 14:29:25

Link Sekolah

Dinas Pendidikan Kota Semarang