Pentingnya Pengembangan Pedagogic Knowledge bagi Guru

Guru merupakan salah satu komponen penting dalam proses belajar mengajar. Seorang guru ikut berperan serta dalam usaha membentuk sumber daya manusia yang potensial di bidang pembangunan. Karenanya guru harus profesional dan memiliki kompetensi pedagogis yang lengkap. Peningkatan kompetensi pedagogis guru akan  membuat kegiatan pembelajaran  dinamis, disukai siswa, daya serap tinggi dan konsentrasi belajar siswa meningkat

Pada akhirnya kompetensi pedagogik guru akan mengarah pada kemampuan guru menyusun rancangan dan melaksanakan strategi pembalajaran yang sesuai dengan kompetensi , karakteristik dan kebutuhan siswa dalam belajarnya. Sehingga siswa dapat tercapai ketutantasan belajar secara optimal dan dapat meraih prestasi yang membanggakan.

Mengingat pentingnya penguasaan pedagogis tersebut, Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Nasima menggelar Pelatihan Pengembangan Pedagogic Content Knowlwdge  bagi guru KB-TK-SD-SMP-SMA Nasima. Kegiatan yang dilaksanakan  di Aula Kampus SMA Nasima Jl. Yos Sudarso Kawasan Puri Anjasmoro itu diikuti oleh 103 guru.

Ketua Yayasan Pendidikan Islam Nasima H. Agus Sofwan Hadi mengatakan bahwa salah satu kunci keberhasilan kegiatan belajar mengajar  adalah guru. Karenanya YPI Nasima selalu memberikan prioritas dan memfasilitasi   kegiatan-kegiatan pengembangan guru.  Kegiatan Pengembangan Pedagogic Knowledge  merupakan upaya   Nasima untuk memberikan amunisi dan nutrisi  pengetahuan bagi guru.  

"Jika guru memiliki kompetensi paedagogik lengkap, kompetensi profesionalitas tinggi, kompetensi sosial  dan kepribadian   baik,   tentu akan memberikan dampak yang signifikan terhadap hasil pembelajaran. Kompetensi tersebut    harus dichrage terus untuk  tetap menjaga kualitas guru" kata Agus.

Lebih lanjut Agus mengatakan   bahwa kemampuan pedagodik bagi seorang guru bukanlah hal yang sederhana, karena kualitas guru haruslah diatas rata-rata. Guru yang kompeten akan melahirkan siswa yang pembelajar, karena mereka mencintai proses pembelajaran dan memahami arti penting belajar bagi masa depan.  Ini yang diharapkan dari proses pendidikan.

Kegiatan yang dilaksanakan dengan pola 30 jam ini bekerja  sama dengan Pusat Pengembangan Guru Universitas PGRI Semarang. Berlangsung    mulai Minggu, 21 Agustus dan  3-4 September 2016. Materi yang diberikan meliputi kebijakan pengembangan kompetensi guru, paedagogik, dan orientasi pembelajaran (Muslihudin el Hasanudin).

Berita Terbaru

Statistik Pengunjung

3415944
Hari ini
Kemarin
Minggu ini
Minggu lalu
Bulan ini
Bulan lalu
Total pengunjung
675
1818
2493
3407106
26742
31296
3415944
Your IP: 54.224.230.51
Server Time: 2017-09-25 13:29:35

Link Sekolah

Dinas Pendidikan Kota Semarang