Unik, SMP Nasima Gelar Wayang for Student

BERITA SEMARANG – SMP Nasima Semarang, Jawa Tengah, salah satu sekolah yang dipilih sebagai penyelenggara kegiatan Wayang for Student program BCA menyambut baik kegiatan wayang yang kali ini dengan lakon ‘Sumantri di Simpang Hati’ dimainkan oleh Dalang Aneng, karena kegiatan tersebut membuat para siswa bisa lebih memahami budaya tradisi wayang yang merupakan sejarah dunia.

Demikian dikatakan Pelaksana Tugas Kepala Sekolah SMP Nasima Semarang, Taryadi kepada Beritaekspres.com di Semarang, Sabtu (24/9/2016).

 

Uniknya, pada kegiatan Wayang for Student yang dilaksanakan di SMP Nasima kali ini nampak lain. Pasalnya, semua siswa-siswi yang terlibat diantaranya, kelas 7, 8 dan 9, semuanya berbusana tradisional. Begitupun dengan guru-gurunya.

“Mudah-mudahan kegiatan ini bisa membangkitkan semangat anak-anak muda untuk lebih mencintai wayang sebagai bagian dari budaya tradisi yang sangat luhur, sebagai warisan budaya,” harap Taryadi.

Pada umumnya, anak muda sekarang lebih menyukai seni modern. Untuk itu pihaknya antusias saat BCA menawarkan kegiatan yang menurutnya luar biasa sekali untuk pengetahuan siswa-siswinya.

“Wayang yang ditampilkan tak seperti wayang-wayang biasanya. Karena dikemas dengan cara yang berbeda, yakni dihelat dengan cara yang unik tanpa mengubah esensi dari cerita itu sendiri,” tandasnya.

Menurutnya, nasionalisme itu ditopang atau dibentuk dari akar budaya tradisional. “Sangat naïf bila kita ingin ngomong nasionalisme tapi melupakan budaya tradisional. Sebagus apapun budaya dari luar tidak sepatutnya jadi ikon kita. Jadi sudah semestinya kita tonjolkan budaya tradisional,” ungkap Taryadi.

Sementara selaku Kepala Satuan Kerja CSR BCA, Inge Setiawati menambahkan, pihaknya menyadari bahwa siswa-siswi SMP merupakan generasi muda yang akan meneruskan keberadaan wayang sebagai kekayaan budaya Indonesia.

“Hal inilah yang mendorong kami untuk menciptakan maupun mendukung kegiatan-kegiatan wayang yang melibatkan generasi muda, termasuk para pelajar,” ujar Inge.

 

Sebelumnya, wayang for student ini sudah digelar di beberapa sekolah lain, diantaranya di SMPN 8, SMP YSKI, SMPN 19, SMP Yohanes XXIII, dan yang terakhir hari ini di SMP Nasima. (Nining)

Berita Terbaru

Statistik Pengunjung

3415938
Hari ini
Kemarin
Minggu ini
Minggu lalu
Bulan ini
Bulan lalu
Total pengunjung
669
1818
2487
3407106
26736
31296
3415938
Your IP: 54.224.230.51
Server Time: 2017-09-25 13:28:16

Link Sekolah

Dinas Pendidikan Kota Semarang