Terampil Bahasa Inggris Jadi Unggulan SD Nasima

SUARAMERDEKA– SD Nasima Semarang tetap konsisten memberlakukan pelajaran bahasa Inggris kepada para siswanya meskipun mata pelajaran bahasa Inggris sudah dihapus dari kurikulum nasional.

Sebab menurut Manajer Pendidikan sekolah ini, Indarti Suhadisiwi, bahasa Inggris merupakan salah satu unggulan sekolah yang dipimpinnya.

’’Jadi sejak awal berdiri, 23 tahun lalu, SD nasima tetap konsisten memberlakukan pelajaran bahasa Inggris. Ini dimaksudkan untuk membekali anak didik keterampilan dalam berbahasa Inggris yang merupakan bahasa internasional,’’ tuturnya , kemarin. 

 

Mengingat bahasa Inggris merupakan unggulan, maka jam pelajaran juga diberikan dalam porsi yang maksimal. Untuk kelas 1-2, bahasa Inggris diberikan 2 jam/minggu. Sedangkan mulai kelas 3-6 dialokasikan selama 4 jam/minggu.

Wajib Berbahasa Inggris

Guna mendukung keberhasilan pelajaran tersebut, dibentuk tim guru bahasa Inggris sebanyak 4 orang ditambah seorang koordinator.

Programnya diberi nama English Conversation for Youngters(ECY). Adapun materi pelajarannya lebih condong ke munikasi (conversation) meskipun tetap memberikan bekal tentang grammer.

Untuk membangun atmosfir berbahasa Inggris, berbagai program telah diterapkan. Misalnya selama dua hari dalam sepekan diberlakukan English Day.

Semua civitas mulai guru dan murid diwajibkan berbicara dalam bahasa Inggris. Para siswa juga diwajibkan menyetorkan hafalan sepuluh sampai dua puluh kosa kata bahasa Inggris kepada guru.

Hafalan kosa kata ini dirangkum dalam Pocket Dictionary for Elementary School. Hal ini dimaksudkan agar siswa cepat hafal dan memiliki perbendahaaraan kata yang makin banyak.

’’Dengan perbendaharaan kosa kata yang makin banyak, diharapkan akan memperlancar siswa berkomunikasi dengan bahasa Inggris, tambah Kepala SD nasima, Muhson. Untuk mendukung pembelajaran bahasa Inggris, semua guru diwajibkan menguasai ketrampilan berbahasa asing tersebut.

Adapun untuk meningkatkan ketrampilan semua guru (bukan hanya guru bahasa Inggris), secara periodik para guru Nasima dikirim untuk belajar ke Kampung Inggris, Pare Kabupaten Kediri, Jawa Timur. ’’Dari sebanyak 60 guru SD, sudah 40 guru yang ditugaskan ke sana, mereka belajar selama satu bulan penuh,’’ katanya. (E1- 91)

Berita Terbaru

Statistik Pengunjung

3479990
Hari ini
Kemarin
Minggu ini
Minggu lalu
Bulan ini
Bulan lalu
Total pengunjung
312
1050
2289
3469343
25671
32786
3479990
Your IP: 54.162.166.214
Server Time: 2017-11-21 12:03:21

Link Sekolah

Dinas Pendidikan Kota Semarang