Kemendikbud Tunjuk SD Nasima Menjadi Sekolah Percontohan

SUARA MERDEKA - Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan menunjuk SD Islam Nasima menjadi sekolah percontohan diantara 241 sekolah di Indonesia. Dari jumlah 241 sekolah itu, 19 SD diantaranya ada di Provinsi Jawa tengah dan untuk Kota Semarang hanya SD Nasima, di Jl. Puspanjolo Selatan, 53, Semarang.
Kepala SD nasima, Muhson kepada Suara Merdeka menyatakan, ditunjuknya sekolah tersebut menjadi pelopor atau percontohan dalam program penguatan pendidikan karakter (PPK) tingkat nasional, merupakan buah dari konsistensi sekolahnya dalam pembelajaran pendidikan karakter yang telah diterapkan sejak 23 tahun lalu hingga kini.
Kepercayaan kepada sekolah ini tak berhenti sampai disitu, bahkan Manajer Pendidikan Nasima, Indarti Suhadisiwi, ditunjuk untuk ikut merumuskan program PPk bagi kepala sekolah dan guru sekolah percontohan, pemangkku kebijakan, serta pembekalan calon garis depan.

"Saya dan sejumlah guru disini juga diundang pemerintah untuk mengikuti diklat PPK dan kebetulan dari kami jadi peserta terbaik" tuturnya.
Muhson juga menjelaskan, para guru di sekolah yang dipimpinnya sudah terbiasa melaksanakan program PPk yang sudah dilaksanakan secara sistematis dan terukur.
Karena Pendidikan karakter tak hanya diberikan dalam bentuk keteladanan melalui ekstakurikuler dan pembiasaan, tetapi juga materi terintegrasi dalam setiap mata pelajaran.

Khatam Quran

Menurutnya, program PPK dikemas dalam bentuk rutinitas pagi, siang, dan sore. Sekolah ini telah menerapkan sistem full day school sampai sore sejak awal berdiri tahun 1994. Karena itu, pelaksanaan PPK bisa berlangsung efektif dan mendalam.
dalam bidang agama Islam misalnya, anak didik bisa melaksanakan shalat berjamaah dua kali, yakni Zuhur dan Asar. Belum lagi shalat - shalat sunnah, seperti shalat rawatib, duha, dan sunnah lainnya, bahkan siswa ditarget khatam Alquran yang didukung guru - guru mengaji yang berlabel hafidz dan kerja sama dengan Ummi Foundation Surabaya.
Dalam rutinitas pagi, Nasima juga menerapkan pola pembiasaan yang cukup efektif.
Misalkan, sebelum pelajaran, mengumandangkan lagu wajib "Indonesia Raya" dan hormat bendera Merah Putih. Ini salah satu upaya menumbuhkan jiwa nasionalisme dan cinta tanah air.
Selain itu, ditengah konsistensi melaksanakan pendidikan karakter, sekolah tetap mengutamakan prestasi akademik, salah satunya bekerja sama dengan Johanes Surya Institut Jakarta untuk meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran Matematika.

Berita Terbaru

Statistik Pengunjung

3415927
Hari ini
Kemarin
Minggu ini
Minggu lalu
Bulan ini
Bulan lalu
Total pengunjung
658
1818
2476
3407106
26725
31296
3415927
Your IP: 54.224.230.51
Server Time: 2017-09-25 13:25:46

Link Sekolah

Dinas Pendidikan Kota Semarang