Gandeng Surya Institut, Nasima Gelar Pelatihan Fisika Model Gasing

Pelajaran fisika merupakan rumpun sains yang mempelajari fenomena dan gejala alam secara empiris, logis, sistematis dan rasional yang melibatkan proses dan sikap ilmiah. Karenanya pelajaran ini merupakan salah satu pelajaran penting di sekolah.

Namun dalam kenyataanya banyak peserta didik menganggap  pelajaran ini sulit karena berhubungan dengan rumus-rumus yang rumit dan sukar dipahami.Hal ini tentu saja berdampak pada rendahnya minat siswa   belajar fisika. Masalah ini merupakan salah satu masalah klasik yang kerap dijumpai oleh para guru fisika di sekolah.

Persoalan ini dikarenakan pendekatan yang digunakan para guru dalam pembelajaran fisika di sekolah terdapat beberapa kelemahan. Pertama, kurang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Kedua, anak-anak lebih sering diajarkan tentang rumus-rumus . Ketiga, anak tidak dibiasakan membuat pertanyaan-pertanyaan kritis dari fenoma fisika di sekitarnya.

Demikain dikatakan oleh Maria Magdalena dari Surya Center for Learning Excellent (SCLE) Johanes Surya Institut Jakarta saat memberikan pelatihan Gampang Asyik Menyenangkan (Gasing) kepada guru-guru Sekolah Nasima di Hotel Grasia Semarang. Kegiatan yang berlangsung mulai 30 Maret-1 April 2017 ini diikuti oleh sembilan guru IPA  SD-SMP-SMA Nasima Semarang.  

Selama tiga hari mereka diberikan pembekalan tentang metode  pembelajaran fisika yang menyenangkan  bagi anak dengan berbagai pendekatan yang menarik. “Dalam pelatihan Gasing kami  guru kita ajari bagaimana membuat percobaan-percobaan  fisika sederhana yang relevan dengan kehidupan sehari-hari  dan mudah diajarkan kepada anak-anak” ungkap Maria.

Ketua umum Yayasan Pendidikan Islam Nasima H. Agus Sofwan Hadi  saat penutupan pelatihan mengatakan bahwa kegiatan pelatihan dengan SCLE merupakan bagian kerjasama Sekolah Nasima dengan Johanes Surya Institut. Sebelumnya juga  telah dilaksanakan pelatihan serupa bagi 15 guru matematika mulai dari jenjang SD-SMP-SMA.

“Ini merupakan bagian  langkah kami mewujudkan  target Sekolah Nasima  menjadi International Boarding School  pada 2023. Di samping kerja sama dengan SCLE, kami juga  menjalin kerja sama dengan berbagai pihak. Salah satunya dengan Lembaga Pendidikan Bahasa Inggris Access Pare Kediri untuk pelatihan kemampuan bahasa Inggris pendidik Nasima. Baru-baru ini kami mengirim 100 guru Nasima  secara bertahap untuk study camp sebulan penuh di Kampung Inggris Pare Kediri ” imbuh Agus.  (Muslihudin el Hasanudin)

Berita Terbaru

Statistik Pengunjung

3479972
Hari ini
Kemarin
Minggu ini
Minggu lalu
Bulan ini
Bulan lalu
Total pengunjung
294
1050
2271
3469343
25653
32786
3479972
Your IP: 54.162.166.214
Server Time: 2017-11-21 11:58:59

Link Sekolah

Dinas Pendidikan Kota Semarang