Pelajari Budaya Dayak, Siswa Kelas XI Jelajah Nusantara ke Kaltim

Banyak cara dilakukan untuk mengenalkan dan mencintai budaya Indonesia ke peserta didiknya. Salah satunya yang dilakukan oleh SMA Nasima Semarang. Untuk  mengenalkan keragaman budaya Indonesia, sekolah yang terletak di Jl. Yos Sudarso No 17 Puri Anjasmoro itu  menggelar program Jelajah Nusantara ke Kalimantan Timur. 

Kepala SMA Nasima  Joko Sulistiyono yang ikut dalam rombongan tersebut mengatakan bahwa kegiatan Jelajah Nusantara merupakan program tahunan yang dilaksanakan sekolahnya. Kegiatan ini menurutnya memiliki visi yang sangat penting. 

“Indonesia negara yang kaya akan ragam seni budaya.  Kekayaan  itu membentang dari Sabang sampai Merauke. Sudah semestinya   sebagai bagian dari Indonesia kita  berkewajiban mencintai dan melestarikannya.  Melalui program Jelajah Nusantara ini kami ingin mengenalkan  betapa adhi luhungnya budaya kita.  Anak-anak  adalah calon penerus estafet kepemimpinan bangsa. Mereka harus diperkenalkan lebih banyak ragam budaya Indonesia. Hal ini untukmenambah wawasan kebangsaan dan meningkatkan kesadaran akan bhineka tunggal ika dan semangat persatuan ” ungkap Joko.

Lebih lanjut Joko menambahkan Jelajah Nusantara ke Kaltim ini  merupakan kegiatan yang  kesembilan  kalinya.  Tahun sebelumnya   melalui program ini   anak-anak  Nasima berkesempatan mempelajari Budaya Batak Toba di Samosir Sumut,  Suku Tengger di Bromo, Suku Osing di Banyuwangi Jatim, Sasak di Lombok NTT, Bugis di Sulawesi Selatan, Suku Banjar di Kalimantan Selatan,  dan Suku Badui di Banten.

Kegiatan yang  melibatkan 70 siswa kelas XI dan  enam guru pendamping  itu berlangsung selama  enam hari, mulai 20-25 April 2017. Mereka akan menjelajah  beberapa kota di Kalimantan Timur antara lain Bontang, Tenggarong, Samarinda, dan Balikpapan.

Tempat-tempat yang akan dikunjungi antara lain  Desa Budaya Dayak Pampang, Museum Keraton Kerajaan Tenggarong, Pusat Kerajinan Tenun Samarinda, Kawasan Wisata Pendidikan Lingkungan Hidup di Balikpapan. Selain itu peserta Jelajah Nusantara juga akan mengunjugi Pemkot Bontang, PT Pupuk Kaltim, PT Badak, dan PT Pertamina, dan Pesantren Hidayatullah di Gunung Tembak Kaltim. (Nur/Din).  

Berita Terbaru

Statistik Pengunjung

3411047
Hari ini
Kemarin
Minggu ini
Minggu lalu
Bulan ini
Bulan lalu
Total pengunjung
761
1355
3941
3399134
21845
31296
3411047
Your IP: 54.81.59.211
Server Time: 2017-09-20 11:08:10

Link Sekolah

Dinas Pendidikan Kota Semarang