Siswa Diajak Belajar di Luar Sekolah

Suara Merdeka - Segenap peserta didik kelas V SD Nasima Semarang melaksanakan kegiatan di luar sekolah untuk mempelajari sejarah peninggalan Kerajaan Islam di Masjid Agung Demak, belum lama ini. Mereka belajar banyak hal di antaranya belajar tentang sejarah Islam, tradisi keagamaan Islam, pengamalan sila Pancasila dan keterampilan membuat tasbih.

Semua kegiatan itu mencakup materi pelajaran yang ada di sekolah, sesuai pembelajaran Tematik Kurikulum 2013. Mereka diterima Wagiyo, salah satu takmir masjid tersebut. Mereka belajar ilmu pengetahuan Islam mengenai sejarah Kerajaan Islam Demak.

 

 

Pendidikan kewarganegaraan mencakup nilai persatuan yang tercermin dalam kegiatan tradisi keagamaan Islam seperti ziarah, ilmu pengetahuan alam mengenai magnet lewat benda-benda dalam masjid, matematika mengenai bentuk bangunan masjid dan Bahasa Indonesia membuat cerita hasil kunjungan tersebut.

 

Shalat Dhuha

 

Begitu tiba di masjid tersebut, para siswa langsung melaksanakan shalat Duha yang dipimpin Khosiin, selaku guru kelas Vsekolah tersebut. Para siswa-siswi didampingi takmir Wagiyo yang kemudian mengajak keliling masjid.

 

Mereka juga diajak ziarah ke makam Kesultanan Demak dan berdoa bersama. Usai ziarah mereka berkunjung ke museum yang ada di kawasan masjid yang banyak dikunjungi. Kegiatan diakhiri dengan membuat tasbih sejumlah 33 butir yang dapat mereka gunakan untuk berzikir. Tak lupa anak-anak belajar bersedekah dengan cara berinfaq.

Menurut Kepala SD Nasima Muhson, kegiatan pembelajaran di luar sekolah itu sebagai bentuk belajar menyenangkan di luar sekolah yang bermanfaat. ‘’Tidak hanya sekadar bepergian untuk bersenang-senang, tapi anak-anak bisa mendapatkan ilmu dan pengalaman yang bermanfaat.’’

Berita Terbaru

Statistik Pengunjung

3482068
Hari ini
Kemarin
Minggu ini
Minggu lalu
Bulan ini
Bulan lalu
Total pengunjung
239
478
4367
3469343
27749
32786
3482068
Your IP: 54.225.36.143
Server Time: 2017-11-24 04:13:35

Link Sekolah

Dinas Pendidikan Kota Semarang