SD NASIMA MASUK GRAND FINAL LOMBA BUDAYA MUTU NASIONAL

Civitas akademika Sekolah Nasima khususnya jenjang SD Nasima pantas berbangga setelah dipilih sebagai satu-satunya sekolah Piloting Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di Kota Semarang, kini sekolah yang terletak di Jl. Puspanjolo Selatan 53 Semarang itu masuk Grand Final Lomba Budaya Mutu Sekolah Dasar Tingkat Nasional.

Lomba yang diselenggarakan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah, Dirjen Dikdasmen Kemendikbud tersebut diikuti oleh 640 SD di seluruh Indonesia yang merupakan Sekolah Rintisan, Pilotong, dan Rujukan Program Penguatan Pendidikan Karakter Kemendikbud. Dari 640 sekolah negeri dan swasta tersebut kemudian  dipilih 217 sekolah untuk mengikuti  Grand Final 7-10 November 2017 di Hotel Rich Yogyakarta. Dalam grand final sekolah-sekolah terpilih harus mempresentasikan  program keunggulan sekolah  di hadapan para dewan juri

Kepala SD Nasima Sri Budiani M. Pd mengatakan bahwa lomba tersebut dimulai dengan penilaian protofolio sekolah yang meliputi profil, program pembelajaran,   manajemen berbasis sekolah, dan ekstrakuler. Setelah pengirim portofolio, tim dari Kemendikbbud akan melakukan visitasi ke sekolah untuk memvalidasi kondisi sekolah dengan portofolio yang dikirimkan.

“Alhamdulillah  setelah divisitasi oleh Tim Kemendikbud beberapa waktu lalu, kami dinyatakan masuk grand final. Ini adalah  pengakuan dari pemerintah  dan masyarakat tentang pelaksanaan pendidikan karakter di Sekolah Nasima yang telah   dilakukan sejak berdiri tahun 1994” kata Sri Budiani.

SD Nasima telah ditetapkan  sebagai Pilotong PPK sebagaimana diterangkan dalam SK Direktur Pembinaan Sekolah Dasar dan Menengak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 2870/D2/KP/2016.

Sejak awal berdiri SD Nasima  telah mengusung konsep sekolah berkarakter   nasional dan agamais. Pelaksanaan pendidikan karakter di Sekolah Nasima telah berjalan sejak awal berdiri. Tidak hanya dalam tataran konsep tetapi pendidikan karakter juga sudah diimplementasikan dan  diintegrasikan kedalam pembelajaran dan budaya sekolah.

 

Karenanya  tidak heran jika SD Nasima beberapa kali meraih prestasi tingkat regional maupun nasional.  Tahun 2012 dinobatkan sebagai  Juara I Lomba Sekolah Berkarakter Kebangsaan Tingkat Jawa Tengah.  Tahun   2013 menjadi finalis dalam  Grand Final “The Best Pratice” Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar yang diselenggarakan oleh Dirjend Pendidikan Dasar, Direktorat Jenderal  Pendidikan Dasar, Kemdikbud. (Muslihudin el Hasanudin)  

Berita Terbaru

Statistik Pengunjung

3482009
Hari ini
Kemarin
Minggu ini
Minggu lalu
Bulan ini
Bulan lalu
Total pengunjung
180
478
4308
3469343
27690
32786
3482009
Your IP: 54.225.36.143
Server Time: 2017-11-24 04:05:08

Link Sekolah

Dinas Pendidikan Kota Semarang