Mahasiswa IPMAFA Belajar Pengelolaan Pendidikan Usia Dini ke KB-TK Nasima

Sebanyak 63  mahasiswa Semester V Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)  Institut Pesantren Mathali’ul Falah (IPMAFA) Pati  mengadakan kunjungan studi ke KB-TK Nasima di Jl. Puspanjolo Tengah Raya No 69 Semarang. Kunjungan ini dalam rangka memberikan tambahan pengalaman dan pengetahuan mahasiswa Semester V yang sebentar lagi akan mengikuti Praktek Profesi Lapangan (PPL).

Rombongan yang dipimpin Ketua Prodi PIAUD Sumiyati, M.Pd. I  diterima langsung oleh Kepala KB-TK Nasima Elly Fajarwati, M. Si, Manajer Pendidikan Kampus 1&4 Indarti Suhadisiwi, M.Pd, dan Pengurus YPI Nasima Dr.Hj. Sri Dewanti Handayani, M.Pd.

Sumiyati mengungkapkan bahwa kunjungan ini program yang dirancang   untuk melakukan observasi pembelajaran di  lembaga pendidikan agar  memperkaya wawasan dan mensinkronkan materi yang didapat di bangku kuliah para mahasiswa.

“Mahasiswa kami telah mempelajari   teori-teori paedagokik selama lima semester di kampus. Hari ini kami berkunjung ke Nasima untuk melihat implementasinya. Bagaimana cara mengelola kelas, memahami model-model pembelajaran, interaksi  dan penanganan peserta didik, serta cara membuat alat peraga. Pengetahuan  tersebut  sangat penting karena mereka sebentar lagi akan diterjunkan PPL. Dan kami menilai KB-TK Nasima sebagai sekolah unggulan di Semarang dan Jawa Tengah, memiliki  pengalaman dalam mengelola PAUD, kurikulum dan program-programnya juga sudah teruji, serta memiliki guru-guru yang berpengalaman” ungkap  Sumiyati.   

Dr.Hj. Sri Dewanti Handayani, M.Pd. yang mewakili YPI Nasima dalam kesempatan itu menyampaikan bahwaSekolah Nasima merupakan salah satu sekolah yang dijadikan Piloting Program Penguatan Karakter oleh Kemendikbud RI.  Karenanya di setiap jenjang sekolah pendidikan karakter sudah ditanamkan. Termasuk di jenjang KB-TK.

“Usia dini merupakan masa kritis bagi pembentukan karakter seseorang, nilai-nilai  moral, nasionalisme, etika, dan kedisiplinan  sedini mengkin harus ditanamkan kepada anak-anak . Hal ini merupakan  kunci utama membangun bangsa. Anak akan tumbuh menjadi pribadi yang berkarakter ini terwujud jika anak tumbuh dilingkungan yang berkarakter, fitrah anak yang terlahir suci dapat dikembangakan secara optimal, ini memerlukan peran serta semua pihak keluarga, sekolah dan seluruh komponen yang ada dalam masyarakat. Karenanya penting bagi setiap Lembaga Penghasil Tenaga Kependidikan (LPTK) untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswanya yang merupakan calon-calon pendidikan tentang hal ini” ungkap Dewanti.   

Selama proses kunjungan, para mahasiswa terlihat antusias mengikuti rentetan semua kegiatan. Azizah salah seorang mahasiswa mengatakan  ia  mengaku mendapatkan banyak hal yang bisa mereka aplikasikan saat mengajar nanti.  Mulai dari aspek manajemen, penataan ruang, sistem pembelajaran, kurikulum, dan lain sebagainya. (Muslihudin el Hasanudin)

Berita Terbaru

APLIKASI SEKOLAH NASIMA

 

Statistik Pengunjung

3892367
Hari ini
Kemarin
Minggu ini
Minggu lalu
Bulan ini
Bulan lalu
Total pengunjung
867
1010
5572
3882242
10628
25321
3892367
Your IP: 3.80.85.76
Server Time: 2018-12-14 20:10:08

Link Sekolah

Dinas Pendidikan Kota Semarang