Tiga Siswa SMA Nasima Menangi Ajang Kompetisi Ekonomi Nasional

Tiga siswa SMA Nasima yakni  M. Ghitrif Gustomo Putra, M. Rifqi Bariq, dan Develina Pramesthi Dewi menjuarai ajang bergengsi Kompetisi Ekonomi (KOMPeK)  cabang Economic Quiz antar siswa-siswi SMU Tingkat Nasional di Universitas Indonesia, Kamis (8/2). Kegiatan  bergengsi yang telah berusia 20 tahun ini diprakarsai oleh Badan Ekesekutif Mahasiswa (BEM)  Fakutas Ekonomi dan Bisnis  UI. Kegiatan yang tahun ini yang mengambil tema ACCELERATE: Accelerating Indonesia’s Economic Growth through Creative Industry itu diikuti ratusan siswa-siswi SMA sederajat dari Sabang sampai Merauke.  

Tim SMA Nasima menjadi satu-satunya perwakilan dari Kota Semarang  melaju ke ajang tersebut.  Lomba yang dibagi dalam beberapa tahap  ini dimulai sejak awal Januari 2018. Pada tahap pertama peserta harus menjawab secara online seputar  pengetahuan dan wawasan ekonomi.  Setelah  tes online panitia ini kemudian menentukan 40 tim  yang berhak untuk masuk ke babak final.  Empat puluh tim ini  kemudian diundang ke Jakarta untuk mengikuti babak semi final. Babak semi final ini digelar di Audotorium FEB UI di Kampus UI Depok. Dari 40 finalis disaring kembali menjadi 16 besar. Tim SMA Nasima berhasil lolos kedalam sembilan tim terbaik.

Dalam malam grand final yang digelar di Gedung Perpustakaan Nasional Jl. Medan Merdeka Selatan tersebut, Githrif, Bariq, Develina meraih Juara  II, mendampingi SMAN Depok yang meraih Juara 1, dan SMA Petra Surabaya yang meraih Juara III.

Muhhamad Rifqi Bariq mengatakan sangat senang  dan bangga dengan presatsi yang diraihnya. Siswa Kelas XI IS  tersebut mengatakan bahwa prestasi yang diraih Tim SMA Nasima tidak terlepas dari kerjasama yang solid antaranggota tim, guru pembimbing, dan doa orang tua.

“Kami mempersiapkan ini sejak awal. Setelah mengikuti tes online,  kami bertiga sering menghabiskan waktu di perpustakaan. Baca buku-buku tentang ekonomi, artikel-artikel terkait tentang perkembangan terkini ekonomi Indonesia dan dunia. Juga mengerjakan soal-soal yang diberikan oleh guru pembimbing. Alhamdulillah kerja keras kami berbuah manis. Kami mempersembahkan trophy juara ini untuk sekolah dan dan orang tua kami semua” kata Bariq.

Selain mendapatkan medali, trophy, dan sertifikat Bariq dan kawan-kawan  juga mendapatkan kemudahan untuk menjadi mahasiswa  Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI  jika  nanti mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

KOMPeK merupakan wadah mengasah kemampuan generasi muda khususnya siswa SMA  dalam bidang ekonomi . KOMPeK juga menjadi sarana penyaluran ide-ide kreatif   melalui empat cabang perlombaan yaitu Business Challenge, Economics Quiz, Economics Debate Competition, dan Economics Reseach Paper.   KOMPeK juga menjadi sarana bagi siswa- siswi SMA dari Sabang  hingga Merauke untuk berdisku­­si dan berbagi pengalaman mereka  di daerahnya  masing-masing. (Muslihudin el Hasanudin) 

Berita Terbaru

Statistik Pengunjung

3785567
Hari ini
Kemarin
Minggu ini
Minggu lalu
Bulan ini
Bulan lalu
Total pengunjung
389
1104
5915
3773485
15930
33410
3785567
Your IP: 54.224.220.72
Server Time: 2018-08-17 05:03:56

Link Sekolah

Dinas Pendidikan Kota Semarang