PTS di Sekolah Nasima: Ulangan Serasa Main Game

Minggu-minggu ini setiap satuan pendidikan baik jenjang SD, SMP, atau SMA tengah melaksanakan Penilaian Tengah Semester (PTS). Penilaian ini dilaksanakan untuk mengukur daya serap siswa terhadap materi yang diajarkan pada tengah semester 2 ini.

Umumnya PTS dilakukan dengan menggunakan lembar-lembar kertas, baik untuk soal maupun jawabannya. Namun di SD-SMP-SMA Nasima  tidak demikian, Saat PTS anak-anak datang ke laboratorium komputer sebagian lainnya tetap di kelas dengan laptop di depan meja masing-masing. Pelaksanaan PTS di Sekolah Nasima menggunakan perangkat computer atau PTS Berbasis Komputer

 

Kepala SD Nasima Sri Budiani, S. Pd. M. Pd. mengatakan bahwa ide awal mula pelaksanaan PTS Berbasis Komputer sebenarnya bermula dari keinginan untuk membuat kegiatan evaluasi belajar lebih menyenangkan bagi peserta didiknya.

“Kegiatan penilaian hasil belajar bagi anak biasanya menjadi momok yang menakutkan. Nah kami kan sudah punya perangkatnya. Laboratorium computer jumlahnya cukup dan  lengkap dengan sambungan intranet maupun internet. Tenaga IT kami juga mumpuni, kenapa tidak mencoba PTS Berbasis Komputer. Saya yakin anak-anak zaman now saat mereka di rumah, di sekolah, di manapun kan sudah familiar dengan gawai dan computer. Pasti mereka akan suka kalau PTSnya menggunakan computer” kata Sri Budiani.

Lebih lanjut Sri Budiani menambahkan, penilaian berbasis computer sangat simple, hemat karena paperless  tidak menggunakan kertas. Lebih akurat dan hasilnya cepat diketahui. Termasuk analisis butir soal dan keterserapan materinya. Jadi sebenarnya juga mempermudah tugas guru.

Erlin siswa kelas IV SD Nasima saat ditemui mengatakan bahwa dirinya sangat senang dengan adanya PTS berbasi computer. Menurutnya PTS berbasis computer sangat mengasyikkan.­

“Serasa main game lah. Tidak terasa kalau sedang ulangan. Jadi betah berlama-lama di depan komputer” kata Erlin.

Kegiatan PTS  di Sekolah Nasima tidak hanya dilakukan di SD Nasima, di SMP-SMA Nasima pun pelaksanaan PTS menggunakan perangkat computer. Khusus untuk SMP dan SMA anak-anak diwajibkan membawa laptop sendiri-sendiri dari rumah.

Kepala SMP Nasima Dwi Astuti S. Pd. MM mengatakan SMP Nasima telah lama melakukan penilaian berbasis computer.

“Sekolah Nasima adalah sekolah berbasis teknologi. Karenanya setiap pelaksanaan PTS maupun PAS  (Penilaian Akhir Semester)  berbasis computer.  Bahkan   sejak 2016  SMP Nasima telah dipercaya oleh Dinas Pendidikan Kota Semarang menjadi sekolah percontohan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasi Komputer (UNBK)” kata Dwi Astuti. (Muslihudin el Hasanudin)

Berita Terbaru

Statistik Pengunjung

3824412
Hari ini
Kemarin
Minggu ini
Minggu lalu
Bulan ini
Bulan lalu
Total pengunjung
648
1470
3366
3814668
23665
31110
3824412
Your IP: 54.161.71.87
Server Time: 2018-09-25 13:50:09

Link Sekolah

Dinas Pendidikan Kota Semarang