SD Nasima Juara Nasional Robotik di Surabaya

Prestasi di bidang robotik lagi-lagi ditorehkan oleh siswa SD Nasima. Setelah beberapa lalu berjaya di tingkat kota dan provoinsi, dua siswa SD Nasima yakni Sulthan Nafi’ Abdullah dan Rizqy Yusuf Adinegoro meraih Juara II pada Kejuraan Nasional Industrial Automation and Robotic Competition (IARC)  yang berlangsung Gedung Pusat Robotik Institut Teknologi Surabaya (ITS)  Jumat-Minggu, 6-8 April 2018. Sulthan dan Rizqi  yang merupakan siswa Kelas V ini memenangi  lomba untuk kategori  Lego Programmer Tingkat SD.

Kegiatan  IARC  merupakan ajang tahunan Lomba Robotik untuk siswa SD-SMP-SMA dan mahasiswa perguruan tinggi  yang digelar oleh ITS. IARC 2018 untuk kategori SD diikuti oleh 32 tim  dari berbagai kota besar di Indonesia seperti dari Semarang, Surabaya, Malang, Tulungagung, Kediri, Bangkalan, dan kota-kota   lainnya.  SD Nasima  mengirimkan tiga tim dalam ajang tersebut.

Pendamping Ekstrakurikuler Robotik SD Nasima Rosinta Atmasari mengatakan kemenangan tim asuhannya tidak lepas dari persiapan matang yang dilakukan oleh anak-anak, kerja sama pelatih, sekolah, dan juga orang tua murid.

“Untuk menghadapi lomba ini anak-anak    giat berlatih rutin. Bahkan kadang  berlatih sampai jam 10 malam  bersama coachnya. Dalam pelaksanaan lomba,  kerja sama tim, komunikasi yang solid  juga  sangat menentukan. Karena dalam lomba robotik membutuhkan ketangkasan, ketelitian dan kedisiplinan waktu. Alhamdulillah anak-anak dapat menjalankan istruksi yang diberikan pelatih. Hasilnya berbuah manis, kita menjadi juara” kata Rosinta yang juga ikut mendampingi anak asuhnya ke Surabaya.  

Lebih lanjut Rosinta mengatakan konsentrasi yang tinggi juga menjadi kunci keberhasilan anak-anak asuhnya. Memprogram robot agar berjalan sesuai alur dan sirkuit yang ditentukan tidaklah mudah. Butuh kecepatan dan konsentrasi tinggi.  Dalam waktu yang relatif terbatas harus mempu menemukan solusinya jika terjadi permasakahan. Tetapi karena ketenangan dan konsentrasi, robot mereka dapat berjalan sesuai rute dan menyelesaikan misi dengan waktu dengan cepat.

Kepala SD Nasima Sri Budiani mengatakan bahwa keberhasilan timnya juga tidak terlepas dari pembinaan yang selama ini dilakukan. Anak-anak  yang berprestasi ini-Sulthan dan Rizqi-  merupakan anak-anak yang berbagung dalam ekstra kurikuler robotik .  

“Kegiatan ekstrakurikuler robotik di SD Nasima sudah berjalan hampir enam tahun. Peminatnya juga selalu tinggi mulai kelas I-VI. Kini sudah mencapai 40 anak.  Kami bekerja sama dengan pihak IT Smart  untuk mengelolanya. Kurikulumnya juga dikemas  menarik dan menyenangkan. Makanya anak-anak sangat tertarik  Dan setiap ada ajang kompetisi anak-anak selalu kita ikutsertakan.  Disamping untuk melatih keberanian, percaya diri dan ketangkasan juga untuk regenerasi. Alhamdulillah berbagai prerstasi yang sudah kita raih, baik di tingkat kota, provinsi, maupun nasional” pungkas  Ani. (Muslihudin el Hasanudin)

Berita Terbaru

Statistik Pengunjung

3667760
Hari ini
Kemarin
Minggu ini
Minggu lalu
Bulan ini
Bulan lalu
Total pengunjung
941
1155
4106
3655140
26866
28547
3667760
Your IP: 54.161.108.58
Server Time: 2018-04-25 16:25:33

Link Sekolah

Dinas Pendidikan Kota Semarang